JAMBORE TERRANO INDONESIA 2013

Dalam menutup tahun 2013 dan menyambut tahun baru 2014 TCI menyelenggarakan Jambore Terrano Indonesia 2013 sejak 28 Desember 2013 sd 1 Januari 2014 di Lampung. Acara ini mendapat dukungan pula dari Nissan Motor Indonesia, GT Radial, Citilink, Majalah JIP, Sunda Motor, Kudamas Auto Indo, Getac Central Plotter dan donatur lainnya. Acara yang dimulai dengan keberangkatan hari Sabtu malam 28 Desember ini yang dari P. Jawa ngumpul startnya jam 22.00 di Rest Area Km.68 Tol Merak kemudian secara bertahap beriringan menuju Pelabuhan Merak dengan menumpang kapal feri Jatra III. Rombongan mendarat di Bakauhuni jam 4 pagi dilanjutkan ngumpul istirahat di Resto Simpang Raya.
Hari pertama (Minggu 29/12) di bumi Sumatera ini, seusai sarapan pagi jam 8 start kembali menuju Lampung, check in di penginapan Hotel Sahid. Usai check ini, dilanjut perjalanan ke Pantai Mutun, salah satu kawasan wisata pantai relatif baru di Lampung yang berpasir putih dan berair jernih berjarak sekitar 25 km dari kota Lampung. Ternyata cuaca di pantai Mutun ini tidak bersahabat, tiba disana tidak lama kemudian disambut hujan deras, dan air lautpun pasang sehingga para terry merencanakan ngelumpur, berderet di pasir laut pantai itu dan rencana ramai-ramai berjamborean yang dipusatkan disini terpaksa harus tunduk dengan kuasa alam. Bahkan disiraman hujan itu salah satu anggota TCI sempat membantu menarik mobil pengunjung yang kejeblos dipantai itu. Sekembalinya dari Pantai Mutun ke penginapan, sekalian beberapa terrano mewakili rombongan mampir beranjangsana ke kantor redaksi Harian Tribune Lampung dan Harian Lampung Post, Bandar Lampung.
Hari kedua (Senin 30/12), acara menuju lokasi wisata Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang terkenal dengan sekolah gajahnya itu. Jarak menuju Way Kambas sekitar 114 km dari Bandar Lampung. Perjalanan wisata ke TN Way Kambas ini bahkan lebih dulu mampir ke rumah kediaman Walikota Metro yang memang searah TN Way Kambas. Walikota Metro pak Lukman Hakim yang memiliki mobil Nissan Terrano ini berkenan untuk bergabung dengan TCI, dan mendapat nomor lambung TCI-440. Perjalanan yang relatif cukup panjang ke TN Way Kambas ini sampai dilokasi sudah hampir jam 16.00, yang kemudian sebagian anak-anak pada berkesempatan naik gajah, dilanjutkan menikmati suguhan atraksi gajah-gajah di ruang atraksi gajah, mulai dari gajah mengerek bendera, gajah berjoget ria dan minta disawer, gajah main bola, gajah menebak angka, lenggak lenggok selayaknya foto model disusunan beton dll. Usai atraksi didalam gedung, gajah-gajah ini ternyata mau digiring dan bermain disekitar berjajarnya terrano-terrano TCI dilahan rerumputan kawasan Way Kambas yang berlatar belakang hamparan hutan nun jauh disana banyak gajah. Gajah-gajah yang memang dipandu Pawang ini bisa diajak foto selayaknya foto model saja dan atraksi lain seperti menginjak terry dan sebagainya.
Waktu sudah menujukkan hampir magrib, kunjungan ke TN Way Kambas terasa begitu singkatnya. Rombongan meluncur kembali ke Bandar Lampung untuk dinner di Graha Patimura Lampung dan mengikuti acara pelantikan SUV BROTHERHOOD Chapter Lampung yang terdiri dari lima komunitas mobil bergenre SUV, yakni Blazer Indonesia, Pajero FS, Captiva, Fortuner C dan Terrano Club Indonesia Chapter Lampung dimana om Ginta Wiryasendjaya didapuk jadi Ketuanya.
Hari ketiga (Selasa 31/12) acara wisata TCI menuju Pantai Klara yang merupakan salah satu objek wisata bahari yang berada persis di pinggir Jalan Raya Way Ratai, Desa Ketapang, Kecamatan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, dan berbakti sosial untuk anak-anak yatim di Batumenyan, yang difasilitasi oleh Mako Yonif Brigif 3 Marinir di Mako Yonif 9 Marinir Batumenyan.
Perjalanan wisata hari terakhir ini tidak lupa berkulineria dan jajanan Lampung, tidak ketinggalan pula menikmati durian lampung yang enak dan manis.
Usai dari Pantai Klara sekembalinya ke Bandar Lampung, berkesempatan pula mampir ke kantor redaksi Harian Radar Lampung. Dan malam harinya dilanjut acara bincang-bincang organisasi sambil menanti dan menyambut datangnya jam 00 tahun baru 2014 di Kafe Garden Hotel Sahid, Bandar Lampung.
Hari keempat (1/1) acara bebas sejak pagi usai sarapan, ada yang masing-masing belanja-belanja oleh-oleh produk khas Lampung, dilanjut balik Jakarta dan kota lainnya di Pulau Jawa. Foto-fotonya silakan lihat disini.

Selamat Tahun Baru 2014 semoga membawa sukses dan semakin erat silaturahmi dan persahabatan para terranoers di Indonesia. Bravo TCI… !!!