Tentang Kami

TERRANO CLUB INDONESIA (TCI)

PENDAHULUAN

Berawal dari komunikasi, perkenalan dan sharing di mailing list Yahoogroups, para pemilik mobil Nissan Terrano di Jakarta, kemudian tercetuslah keinginan untuk saling kopi darat dan mengadakan jalan bareng, touring ke wilayah Jawa Barat, sekaligus membentuk klub otomotif sebagai wadah silaturahmi, persahabatan dan persaudaraan diantara para pemilik dan penggemar mobil Nissan Terrano.

Disepakati touring perdana tersebut diadakan pada hari Sabtu – Minggu, tanggal 10-11 April 2004. Sebanyak 11 pemilik dengan mobil Nissan Terrano-nya beserta keluarga jalan bareng menuju Sukabumi, dilanjutkan jalan-jalan menyusuri lereng pegunungan dan pedesaan menuju Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu kemudian kembali menyusuri pegunungan Jawa Barat itu untuk menginap di Pondokan Saung Geulis, Jl. Raya Situgunung Cisaat, Sukabumi milik H. Salman Nasution, yang juga sebagai salah satu peserta jalan bareng tersebut.

Ternyata, ada angka menarik juga rupanya yakni angka 11. Karena ada 11 orang pemilik mobil Nissan Terrano, yakni : H. Salman Nasution, Totot Soemaryoto, Denny Denoth, Amrih Sahri, Agus Suriyadi, H. Tarmizi, M. Samir, Temmy Iskandar, Fahmi Yahya, Hamka dan Indra. Pada rapat hari Minggu tanggal 11 April 2004, tepat jam 11.00 telah diambil keputusan secara bulat sepakat berdirinya klub otomotif dengan nama Terrano Club Indonesia.

Terrano Club Indonesia disingkat TCI didefinisikan sebagai wadah atau sarana, ajang silaturahmi dan persahabatan serta persaudaraan melalui komunikasi baik darat (dengan temu muka/, ngumpul/, kopi darat), udara (dengan menggunakan frequensi radio komunikasi termasuk telepon), maupun maya (internet, email/mailing list) bagi para pemilik dan penggemar mobil Nissan Terrano dengan berbagai type dan tahun yang berada di wilayah Indonesia yang menjadi anggotanya.

Dalam pembentukan TCI tersebut sekaligus ditetapkan 9 personil sebagai pengurus inti pertamanya untuk masa bakti 2004-2006 yang terdiri dari : H. Salman Nasution dan Totot Soemaryoto sebagai Penasehat, Denny Denoth (Ketua), Amrih Sahri (Wakil Ketua), Agus Suriyadi (Sekretaris), H. Tarmizi (Bendahara), Temmy Iskandar (Bidang Kegiatan/Event), dan M. Samir (Bidang Sosial). Diputuskan pula bahwa susunan kepengurusan ini akan dilengkapi lagi kemudian, dengan memperhatikan perkembangannya TCI dan apabila memang dibutuhkan dalam perjalanannya.

Rapat pembentukan klub tanggal 11 April 2004 tersebut yang juga kemudian sebagai tanggal lahir TCI, selain menetapkan nama klub, pengurus perdana klub, juga menetapkan pokok-pokok pemikiran yang akan dituangkan dalam AD/ART yang juga menetapkan visi dan misi Terrano Club Indonesia yaitu (1) Silaturahmi dan persahabatan serta persaudaraan yang dilandasi saling percaya, hormat menghormati dan saling menghargai satu sama lain, (3) Refreshing dan fun, (4) Mempunyai manfaat secara nyata untuk para anggota dan keluarganya, dan (4) Peduli sosial dalam kemasyarakatan khususnya bidang kesehatan dan pendidikan.

Terrano Club Indonesia yang keberadaannya didukung oleh seluruh anggota, informasi-informasi kegiatannya disampaikan dalam situs awalnya dengan nama http://www.terrano-club-indonesia.com yang kemudian setelah mendapat ijin Pengelola Situs di Indonesia, berubah menjadi http://www.terrano.or.id sampai sekarang. Sedangkan untuk berkomunikasi dalam keseharian, sharing pengetahuan, pengalaman antar sesama anggota, menggunakan fasilitas mailing list Yahoogroups http://groups.yahoo.com/group/terrano-indonesia/

Keberadaan Terrano Club Indonesia (TCI) yang semakin bertambah anggotanya dan terus berkembang di bumi Pertiwi ini, diharapkan dapat ikut berperan serta dan bermanfaat bagi Bangsa Indonesia. Semoga !

VISI DAN MISI

1. Persaudaraan dan Persahabatan antar anggota & keluarganya.
Semangat persahabatan, silaturahmi dan kebersamaan serta persaudaraan yang tulus tanpa ada perbedaan status ekonomi, gender, pekerjaan, usia, agama, dan suku merupakan visi dan misi utama berdirinya Terrano Club Indonesia ini yang dilandasi oleh Semangat saling menghargai, santun dan saling menghormati satu sama lain, dan menjunjung tinggi musyawarah untuk mencapai mufakat.

2. Refreshing / Fun
Bertujuan untuk menciptakan suasana gembira dan pengurang stres setelah melakukan aktifitas rutin dalam bekerja maupun berkarya sehari-hari melalui kegiatan-kegiatan jalan bareng, Touring, Rekreasi, Family Gathering, Olah Raga Bersama, Pengetahuan dalam perawatan kendaraan, dibarengi aktivitas bakti sosial dan lain sebagainya.

3. Manfaat secara nyata untuk para anggota dan keluarganya.
Bertujuan agar organisasi / club ini dapat memberikan manfaat secara nyata kepada para anggota dan keluarganya melalui kerjasama yang saling menguntungkan dengan beberapa pihak, semisal : bengkel, toko spare-parts, aksesoris, penginapan, layanan medik, teknologi informasi, kegiatan usaha, dan lain sebagainya.

4. Peduli Sosial dan Kemasyarakatan
Direfleksikan dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial kepada masyarakat yang memerlukan uluran tangan dan bantuan kemanusiaan. TCI menggalang dana kepedulian sosial baik dari para anggota dan keluarganya, lembaga-lembaga dan masyarakat umum, serta siap menyalurkannya kepada yang berhak, kepada masyarakat yang membutuhkan, yang terkena musibah bencana alam, termasuk masalah kepedulian dalam pendidikan dikalangan masyarakat tidak mampu.

KODE ETIK

RAMAH TAMAH
Setiap anggota Terrano Club Indonesia terpanggil untuk membuka percakapan dengan anggota baru maupun para calon anggota sehingga ikut serta dalam menciptakan suatu lingkungan maupun kondisi yang akrab untuk semua pihak.

GOTONG ROYONG
Setiap anggota Terrano Club Indonesia terpanggil hati dan nuraninya untuk membantu sesama anggota yang sedang mengalami kesulitan dalam perjalanan yang berkaitan dengan kendaraan, baik secara langsung maupun tidak langsung sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya.

EDUKASI
Setiap anggota Terrano Club Indonesia terpanggil jiwanya untuk memberikan pengetahuan-nya tentang kendaraan dengan perlahan dan sabar, kepada yang belum berpengalaman ia memberi nasehat, pertimbangan dan bantuan secara ramah tamah.

SEIMBANG
Setiap anggota Terrano Club Indonesia menyadari bahwa TCI adalah merupakan hobbynya, dan ia tidak akan memperkenankan hobbynya tersebut mempengaruhi kewajibannya terhadap Rumah Tangga dan Pekerjaannya.

MUSYAWARAH
Setiap anggota Terrano Club Indonesia menyadari dan menjunjung tinggi kebebasan menyampaikan pendapat yang bertanggung jawab dan sepakat untuk melakukan musywarah untuk mencapat mufakat.

.